Skip to main content

Beberapa Cara Investasi Emas untuk Beli Rumah


Emas menjadi perhiasan yang banyak digemari. Selain untuk perhiasan, logam ini juga bisa digunakan sebagai investasi untuk membeli rumah. Untuk memulai investasi emas, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa cara investasi emas untuk beli rumah berikut ini. 


Memperhatikan kemampuan finansial 

Perkirakan dalam penghasilan sebulan apakah selalu ada surplus atau tidak. Kelebihan dana yang diperoleh dari penghasilan dalam sebulan bisa digunakan untuk investasi emas. Cara investasi emas untuk beli rumah salah satunya adalah menggunakan cara ini.

Investasi emas sebaiknya kamu lakukan ketika sudah benar-benar siap dengan kemampuan finansial. Jangan memaksakan kehendak untuk berinvestasi emas saat kemampuan finansial masih belum baik karena yang ada malah semakin banyak hutang.

Selain itu, kamu harus mempunyai alokasi dana cadangan darurat untuk 6-12 bulan sebelum melakukan investasi emas supaya pengeluaran tak terduga bisa di-handle dengan alokasi dana cadangan tersebut.


Investasi emas di waktu yang tepat

Sebelum berinvestasi emas, kamu harus selalu memantau harga emas yang ada di pasaran. Kamu juga harus mengikuti pergerakan harga emas karena sewaktu-waktu bisa naik dan turun.

Waktu yang tepat untuk berinvestasi emas adalah saat harga emas sedang turun. Dan jika ingin mendapatkan keuntungan besar, kamu bisa menjualnya di saat harga emas sedang naik.

Cara yang tepat yakni dengan menyimpannya dalam jangka waktu yang menengah panjang, jadi jangan menjualnya dalam jangka pendek.

Harga emas semakin bertambah tahun akan semakin mahal. Sehingga keuntungan yang diperoleh saat berinvestasi emas akan sangat terasa apabila menjualnya 5 tahun kemudian, misalnya. 


Pemilihan jenis emas yang sesuai

Di jaman sekarang, masyarakat lebih nyaman berinvestasi emas yang jenisnya logam mulia daripada perhiasan. Investasi emas jenis logam mulia dirasa lebih menguntungkan karena harga emas logam mulia selalu meningkat harganya di pasaran. 

Sementara harga emas perhiasan cenderung menurun karena dipengaruhi oleh faktor komponen biaya emas perhiasan seperti jumlah karat, nilai seni, biaya pembuatan, penurunan harga atau depresiasi serta model perhiasannya. Cara investasi emas untuk beli rumah juga harus memperhatikan hal tersebut.


Menyimpan emas di tempat yang aman

Dengan bentuk emas berupa logam mulia yang mungil, kamu harus menyimpannya di tempat yang benar-benar aman.

Supaya aman, kamu bisa menyimpan emas tersebut di dalam brankas rumah atau menyimpannya di layanan yang disediakan oleh pihak bank seperti SDB. SDB yaitu layanan safe deposit box yang bertujuan untuk penyimpanan barang berharga.

Layanan lain yang bisa kamu manfaatkan adalah menggunakan layanan tabungan emas yang ada di Pegadaian karena disana kamu bisa menabung emas tanpa harus kerepotan menyimpan emas secara fisik. Kelebihannya adalah tidak ada biaya penitipan emas di Pegadaian.

Kamu juga bisa menggunakan layanan penyimpanan Brankas PT Antam 24 jam. Cara investasi emas untuk beli rumah ini harus benar-benar dilakukan dengan benar.


Baca juga:

4 Cara mudah investasi emas kecil-kecilan


Baca Juga