Skip to main content

Perhatikan Cara Mencairkan Tabungan Emas Di Pegadaian


Tabungan emas di pegadaian merupakan salah satu pilihan investasi emas berjangka yang dapat kamu cairkan sewaktu-waktu. Nah, bagi kamu yang penasaran bagaimana cara mencairkan tabungan emas di pegadaian simak uraiannya berikut ini. 


Berikut Cara Mencairkan Tabungan Emas di Pegadaian

Terdapat dua cara mencairkan tabungan emas di pegadaian. Kedua cara ini tentunya memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing. Simak penjelasannya dibawah ini. 

 

1. Mencairkan Tabungan Emas Dalam Bentuk Fisik

Cara pertama untuk mencairkan tabungan emas di pegadaian dapat dilakukan dengan merupakan investasi emas kedalam bentuk fisik. Sebelum mengajukan pencairan bentuk fisik, kamu harus memahami ukuran-ukuran cetakan emas yang diperbolehkan untuk dicetak oleh pegadaian.

Paling kecil, emas dapat dicetak dalam berat 1 gram. Selanjutnya, Kamu juga dapat mencetak emas hasil investasi ke dalam emas dengan berat 2 gram. Selain itu, pegadaian juga memperbolehkan pelanggan mencetak emas dengan satuan berat 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan bahkan 100 gram. 

Dengan demikian, cara mencairkan tabungan emas di pegadaian menjadi emas bentuk fisik hanya berlaku apabila emas memiliki nominal minimal 1 gram. Maka apabila Kamu berniat melakukan pencairan dengan saldo emas di bawah 1 gram, Kamu sebaiknya melengkapinya hingga mencapai batas minimal terlebih dahulu.

Untuk mencetak emas ini kamu juga harus mengajukan permohonan terlebih dahulu kepada pihak pegadaian. Permohonan ini bisa dilakukan secara online ataupun secara offline.

Untuk permohonan online kamu bisa mengakses lewat aplikasi sedangkan pencairan offlline bisa dicairkan di outet-outlet terdekat di kotamu. 

Selain itu, kamu akan dikenai biaya cetak emas di setiap transaksi cetak emasnya. Besarnya nominal biaya tergantung dari besarnya jumlah pencairan emas. 

  

2. Mencairkan Tabungan Emas Dengan Menjualnya Kembali Ke Pihak Pegadaian

Cara yang kedua, kamu dapat mencairkan investasi emas dengan cara mengembalikannya lagi kepada pihak pegadaian. Pihak pegadaian akan memastikan membeli emas kamu sesuai dengan nilai tukar dan kesepakatan pada saat itu. 

Metode ini biasanya dipilih oleh para nasabah yang memilih mendapatkan uang tunai daripada emas dalam bentuk fisik. Pencairan tipe ini tentunya juga dapat dilakukan sewaktu-waktu. 

Salah satu persyaratan yang harus kamu penuhi untuk mencairkan investasi adalah memiliki jumlah saldo yang mencukupi. Dengan kata lain jumlah investasi harus memiliki jumlah minimal yang sama dengan harga 1 gram emas di pasaran pada waktu pencairan. 

 

Baca juga:

Cara buka tabungan emas di Pegadaian online


Demikianlah  cara mencairkan tabungan emas di pegadaian yang dapat kamu coba aplikasikan. Tentunya besar kecil hasil akhir investasi yang kamu dapatkan berbeda jumlahnya dari satu orang dengan lainnya.

Salah satu kunci mencairkan investasi adalah kamu harus pandai membaca situasi fluktuasi harga emas di pasaran.


Baca Juga