Skip to main content

Ketahui Cara Menabung Emas di Bank Syariah Mandiri (BSM)


Lembaga keuangan berbasis ekonomi syariah telah berkembang pesat, salah satunya bank yang satu ini. Nasabah bisa melakukan investasi yang menguntungkan dengan cara menabung emas di Bank Syariah Mandiri (BSM) sehingga laba bisa didapatkan. Berikut ini beberapa caranya:

 

Tentukan jenis layanan yang hendak digunakan 

Setidaknya terdapat dua jenis produk yang ditawarkan oleh lembaga syariah tersebut. Ada yang berbentuk elektronik sehingga banyak mekanismenya yang dilakukan dengan cara digital dan otomatis setiap langkahnya. 

Selain itu, ada juga fitur yang diberikan untuk memudahkan nasabah dalam memiliki emas berbentuk batang. Hal tersebut dilakukan dengan produk yang bernama “Cicil Emas”.

Perlu menjadi perhatian bahwa masing-masing produk tentunya mempunyai keuntungan dan kekurangan masing-masing. 


Pahami keuntungan yang diberikan 

Cara menabung emas di Bank Syariah Mandiri (BSM) ini sangat mudah dan memberikan banyak keunggulan. Untuk produk pengangsuran logam berharga tersebut, dapat dilakukan dengan menyetorkan sejumlah uang yang nominalnya relatif kecil. Nasabah bisa memulainya dengan hanya menabungkan uang kurang dari Rp 5.000 setiap harinya. 

Kamu tidak perlu khawatir untuk menempatkan harta tersebut pada bank tersebut karena semua logam yang ada telah memiliki asuransi. Keamanan menjadi prioritas utama mereka.

Biayanya pun juga terbilang rendah dan juga mudah untuk dicetakkan. Selain itu, kalau sewaktu waktu memerlukan dana, bisa dicairkan dengan cara digadaikan melalui lembaga yang sama. 

Ada juga fasilitas yang bisa dipakai dengan cara daring. Cukup membuka aplikasi mobile yang tersedia pada Mandiri Syariah, maka terdapat menu untuk melakukan segala transaksi dan kebutuhan yang diperlukan dalam rangka memperoleh emas yang diinginkan.

Layanan E-Mas tersebut dilakukan dengan menyetorkan uang minimal setara dengan 1/10 gram saja. 


Nilai tersebut setara dengan uang kurang lebih seratus ribu. Pada angsuran-angsuran berikutnya pun cukup setengah dari nominal awal yang wajib dibayarkan tersebut.

Sama seperti produk sebelumnya, likuiditasnya juga sangat tinggi, karena kalau sewaktu-waktu kamu perlu dana, cukup menjualnya pada bank itu. Rekening juga bisa ditransfer ke pengguna lain.

 

Bandingkan dengan kebutuhan 

Cara menabung emas di Bank Syariah Mandiri (BSM) ini sangat krusial. Kondisi dan kekuatan ekonomi menjadi sesuatu yang harus benar-benar diperhatikan.

Jika tujuan dari tabungan itu memang untuk jangka panjang, maka tidak perlu produk yang mudah dalam menyetor dan mencairkannya. Fitur tabungan elektronik menjadi kuncinya. Namun jika tidak, maka produk setoran emas bisa diambil. 


Pantau dan gunakan 

Meskipun menggunakan jasa suatu lembaga keuangan yang sudah terjamin, akan tetapi cara menabung emas di Bank Syariah Mandiri (BSM) tetap harus melihat perkembangan harga komoditas tambang itu.

Berspekulasi dengan menarik batang logam itu dan menjual di pasar bisa memberikan keuntungan lebih pastinya. Selain itu, gunakan rekening dengan baik melalui penyetoran yang rutin.


Baca juga:

Cara menabung emas di Tamasia


Baca Juga