Skip to main content

Cara Menabung Emas di Pegadaian Syariah

Sebagai pegadaian syariah, setiap transaksi yang berkembang di pegadaian ini merupakan transaksi dengan asas dasar keIslaman. Seiring perkembangan zaman, pegadaian unit penabungan emas mulai dikenal luas masyarakat. Nah, bagi Kamu yang ingin tau cara menabung emas di pegadaian syariah, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Menabung emas di pegadaian syariah, dapat dilakukan dengan berbagai macam bentuk. Di bawah ini ada beberapa cara menabung emas di pegadaian syariah  yang bisa kamu coba lakukan.  Berikut Beberapa Cara Menabung Emas di Pegadaian Syariah 

 

1. Membuka Rekening Tabungan Emas Syariah

Agar dapat menabung emas di tabungan emas syariah, kamu harus memiliki rekening buku tabungan terlebih dahulu. Proses pembuatan rekening tabungan emas bank syraiah ini tergolong cepat dan nyaman. 

Kamu hanya perlu menyiapkan KTP dan pergi menuju outlet pegadaian syariah terdekat di kotamu. Sama seperti pembukaan rekening pada tabungan pegadaian biasanya, kamu harus mengisikan data diri secara lengkap sesuai dengan yang tercantum dalam  KTP. 

 

2. Aktivasi Rekening di Tabungan Emas Syariah

Cara menabung emas di pegadaian syariah selanjutnya dapat dilakukan dengan cara mengaktivasi rekening tabungan syariah yang dimiliki. 

Setelah melakukan registrasi tabungan selanjutnya adalah mengaktivasikan rekening tabungan emas syariah yang kamu miliki. Untuk mengaktivasi rekening tabungan, kamu akan dibantu oleh admin dari pegadaian syariah.

Dalam proses aktivasi ini kamu juga akan dipandu untuk mengunduh aplikasi internet banking pegadaian syariah. Internet banking ini bergungsi sebagai media kontrol tabungan emas kamu kedepannya di pegadaian syariah. 

 

3. Membayar Biaya Administrasi

Tidak seperti pegadaian umum, kamu hanya harus menyelesaikan administrasi pegadaian syariah dengan biaya sebesar Rp 30.000,00. Selain biaya administrasi, biaya ini juga sudah termasuk biaya titipan emas di rekening selama 12 bulan. 

Biaya administrasi dan titipan ini sudah termasuk murah jika dibandingkan dengan bank atau pegadaian umum lainnya. 

Tentunya saat melakukan transaksi pembayaran kamu juga harus melakukan akad  penerimaan uang dengan admin yang memproses tabungan emas pegadaian kamu.

 

4. Nominal Tabungan Emas di Pegadaian Syariah

Nominal tabungan emas di pegadaian syariah terhitung sangat murah. Kamu dapat memulai menabung sejumlah nominal uang yang setara dengan harga emas di pasaran.

Sebagai contoh, saat ini harga emas di pasaran per gramnya mencapai Rp 800.000,00. Maka kamu dapat menabung emas mulai dari 0,01 gramnya yaitu sekitar Rp 10.000,00 saja. 

Meskipun demikian, tidak berarti kamu harus selalu menabung dengan jumlah sekian di atas. Kamu bisa memodifikasi jumlah yang akan kamu tabungan pada tabungan emas sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan dana kamu.


Baca juga:

Cara mudah mencairkan tabungan emas di Pegadaian 


Itulah cara menabung emas di pegadaian syariah yang dapat kamu pelajari. Tak hanya mudah, menabung emas di pegadaian syariah juga simpel dan murah.

Tak heran, banyak orang mendatangi outlet pegadaian syariah untuk mendaftar sebagai nasabah baru tabungan emas pegadaian syariah.


Baca Juga